Kenapa Modem Cepat Panas?

Sampai saat ini masih banyak yang mengandalkan modem untuk berkoneksi dengan internet. Biasanya modem ini digunakan untuk menyambungkan internet ke laptop atau komputer. Namun, kebanyakan modem yang dioperasikan ke internet selalu mengalami kepanasan, ketika modem panas maka kecepatan internetpun akan berpengaruh menjadi lebih lamban. Kok bisa, ya?
Modem cepat panas bisa disebabkan oleh beberapa hal, dan dibawah ini akan dijelaskan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan modem menjadi cepat panas.
1.      Kualitas Jaringan Modem Buruk
Ketika jaringan internet lemah, maka modem akan berusaha kuat untuk dapat menangkap sinyal agar dapat terhubung dengan internet sehingga kerja modem menjadi berat. Nah, sebaliknya jika jaringan internet kamu kuat, modem kamu tidak akan terlalu panas dan kecepatan internet pun menjadi maksimal.
2.      Kualitas Modem Kurang Bagus
Modem yang kualitas produknya tidak bagus atau jelek, tidak akan dilengkapi dengan penahan panas. Ketika kamu menggunakan modem dengan kualitas seperti ini, maka modem kamu akan cepat panas, dan tentunya ini bisa membuat modem menjadi cepat rusak. Maka dari itu, carilah modem dengan kualitas yang bagus.
3.      Transfer Data Besar
Ketika kamu mentransfer data dengan kapasitas atau kualitas yang besar, biasanya saat sedang mengupload atau mendownload file tersebut pada jaringan yang lemah atau lelet dapat membuat modem kamu menjadi cepat panas.
Nah, setelah kamu mengetahui penyebab modem menjadi cepat panas. Pasti kamu bertanya-tanya, lantas bagaimana cara mengatasinya? Tenang aja! Caranya mudah kok, kamu bisa meniru tips berikut:
1.      Ketika kamu ingin menggunakan modem, pastikan kamu menggunakannya di tempat dengan jaringan yang kuat, ya!
2.      Usahakan jangan mendownload saat kecepatan internet kamu sedang lemot atau lama. Karena seperti yang dijelaskan diatas, hal ini bisa membuat modem kamu menjadi panas.
3.      Gunakanlah kabel untuk modem, sehingga modem tidak langsung bersentuhan dengan laptop atau komputer kamu.

4.      Jika kamu menggunakan modem langsung pada komputer atau laptop, maka gunakanlah kipas angin untuk tetap menjaga temperature modem.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli PoE

WIFI MULAI LEMOT? CARI TAHU ALASANNYA YUK!