WIFI MULAI LEMOT? CARI TAHU ALASANNYA YUK!


Saat ini wifi sudah bukan menjadi barang mahal lagi, dimana-mana orang sudah bisa mengakses atau bahkan memiliki WiFi. Di kantor, café, rumah, mall, atau bahkan di fasilitas umum saat ini sudah disediakan jaringan wifi.
Bagi pengguna wifi, salah satu pertanyaan yang paling sering keluar adalah “kok wifinya mulai lemot sih?. Ya, wifi yang lemot emang bikin bete banget, apalagi kalo lagi seru-serunya internetan. Tapi, kamu tau ga sih alasan kenapa wifi mulai lambat alias lemot?
1.      Posisi Router
Hal pertama yang mungkin menjadi alasan kenapa wifi kamu mulai lemot adalah posisi router. Router adalah sebuah jaringan network yang mengirimkan sinyal internet, atau bisa dibilang adalah sebagai perantara bagi pengguna wifi. Kalau kamu menempatkan router ini dibelakang barang-barang yang berserakan, atau dibelakang material yang sangat kuat bisa saja ini menghambat sinyal internet kamu dan menyebabkan jaringan internet wifi kamu menjadi lambat.
2.      Bad Connection
Ini merupakan alasan yang paling simple, ya? Wifi kamu bisa saja lemot karena sinyal wifi sedang dalam kondisi buruk. Hal ini biasanya terjadi karena adanya gangguan dari ISP (Internet Service Provider). Kalau hal ini terjadi kamu bisa hubungin call center dari penyedia layanan wifi kamu untuk diproses lebih lanjut.
3.      Firmware
Selanjutnya yang mungkin saja menjadi alasan lemahnya koneksi wifi adalah permasalahan pada firmware router. Mungkin saja firmware pada router kamu sudah terlalu lama, sehingga kamu membutuhkan update sistem.
4.      Over Limit

Pada setiap penyedia layanan wifi biasanya dijelaskan mengenai batasan jumlah pemakaian data internet. Nah, kalau pemakaian data internet kamu telah melewati batas, otomatis wifi kamu akan menjadi lamban. Sarannya, jika kamu memutuskan untuk memasang wifi, pastikan kamu menggunakan paket unlimited, agar kamu masih bisa berinternetan tanpa perlu khawatir internet kamu jadi lemot.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli PoE

Kenapa Modem Cepat Panas?